Rabu, 12 Desember 2012

Dasar Pemrograman (Java)

Dalam mempelajari Java saat ini memang bisa dibilang kita tidak memerlukan proses Compile melalui CMD karena sudah banyak tools (IDE) yang sudah dilengkapi dengan Compiler yang dapat mempermudah proses Compile. Namun untuk mempelajari Java dari dasar tidak ada salahnya kita pelajari dari dasar terlebih dahulu, istilah keren jaman sekarang yaitu From Zero To Hero, Jadi kita bisa memahami keseluruhan program Java. Dan pada kesempatan ini saya akan menggunakan sistem operasi Windows XP agar rekan-rekan penguna windows bisa memahapi proses Compile program Java. Untuk penjelasan kali ini yang dibutuhkan adalah : 1. Komputer dengan OS Windows XP 2. Java Development Kit (JDK) 3. Java Runtime Environtment (JRE) Berikut penjelasan singkan dari kebutuhan diatas : Java Development Kit (JDK) Java Development Kit merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode Java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh Java Runtime Environtment. Java Development Kit wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Java. Namun Java Development Kit tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java. Java Runtime Environtment (JRE) Java Runtime Environtment merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sebelum melanjutkan ke proses berikutnya pastikan JDK & JRE sudah terinstall di komputer anda, jika belum terinstall silahkan download JDK & JRE disini kemudian installkan dikomputer anda. Jika semua kebutuhan sudah terinstall maka langkah berikutnya adalah setting path pada komputer anda, berikut langkahnya...
1. Buka Properties-nya My Computer

2. Pilih tab Advanced
3. Klik tombol Environment Variables

 
4. Tambahkan variabel dengan nama PATH dengan value alamat bin.nya Java

5. Tambahkan contohnya seperti gambar dibawah ini
 6. Setelah path ditambahkan maka akan mucul seperti gambar dibawah

7.  Sampai disini pengaturan path Java sudah selesai, berikutnya mari kita mulai compile & jalankan program javanya melalui CMD, buka Command Prompt melalui Run dan ketikkan cmd.





Tentukan letak penyimpanan file Java yang akan dikerjakan.. Misal saya simpan file aplikasi.java di C:\,  Berarti, dari command prompt, saya harus masuk ke folder C:\ terlebih dahulu.. Untuk itu, mari belajar perintah dasar keluar masuk folder di command prompt,. Untuk pemula, bisa diikuti care berikut.. Pertama kali masuk cmd biasanya direktori (baca:folder) kerjanya langsung mengarah ke folder milik user yang sedang aktif, dalam percobaan kali ini, misalnya langsung masuk ke C:\Document and Setting\Virtual Berikut perintah-perintah dasarnya:
  • Untuk mengetahui ada file apa saja disitu..
    dir
  • Untuk ‘Up’ satu tingkat direktori..
    cd..
  • Untuk masuk folder..
    cd [nama folder]
Karena saya menyimpan file java di drive C maka terlebih dahulu saya harus mengarahkan ke drive C dengan cara menggetikan cd C:\
Berikutnya kita periksa apakan sudah benar file tersebut ada di drive C saya ketikkan dir, dan terlihat sudah ada file bernama aplikasi.java.
Selanjutnya saya akan mulai lakukan Compile terhadap file aplikasi.java dengan mengetikan perintah javac [nama_file].java dan saya akan mengetikkan javac aplikasi.java kemudian tekan enter.
Jika proses kompilasi tidak menampilkan pesan error maka proses Compile sudah berhasil dan secara otomatis akan menghasilkan file aplikasi.class
Berikutnya jalankan program yang sudah di compile dengan mengetikkan perintah java [nama_file] dan pada praktek ini saya ketikkan java aplikasi kemudian tekan enter maka otomatis output program akan tampil di layar:


 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More